Implikasi Desain Search Tools Untuk Masa Mendatang   Leave a comment

Ada beberapa cara yang disarankan untuk desain dari search tools di masa mendatang, yaitu antara lain : meningkatkan query temporal, memperkaya people search, menggunakan hashtags, memakai history dari  pengguna, dan memberikan disambiguasi query.

1.      Meningkatkan query temporal

Beberapa search engine telah mulai memasukkan hasil pencarian Twitter ke dalam hasil pencarian mereka. Hal ini akan membuat kualitas hasil dari pencarian search engine akan semakin baik dan selalu up to date. Search engine juga dapat menggunakan query dari trending topic Twitter untuk menambah query pencarian mereka, sekaligus untuk diintegrasikan ke dalam hasil pencarian halaman dan informasi lainnya, seperti berita.

2.      Menggunakan people search

Pencarian pada Twitter memberikan hasil berupa nama seseorang, username-nya, orang-orang yang terhubung dengan dia, atau berupa tweet yang berhubungan juga dengan dia. Oleh karena itu, hasil pencarian pada Twitter dapat memberikan saran query pada web search untuk query yang terkait dengan orang tersebut atau selebriti, sebagai salah satu cara untuk menyediakan pencari microblogging dengan link untuk mempelajari lebih lanjut.

3.      Menggunakan hashtags

Popularitas dari hashtags pada  Twitter memberikan cara baru untuk mengeksploitasi tag dalam hasil pencarian pada Web. Sekarang ini penggunaan hashtags pada pencarian Web masih belum banyak digunakan. Query pencarian Web yang terlihat “hashtags” tetapi tidak dimulai dengan ‘#’ adalah hal yang umum. Search engine bisa menggunakan pendekatan yang serupa dengan Twitter untuk mengidentifikasi query dengan sebuah “hashtag” dan menggabungkan mereka ke Twitter.

4.      Memakai history dari  pengguna

Pencarian berulang lebih banyak dilakukan di Twitter dari pada Web. Ini menunjukkan bahwa query history sangat bermanfaat di Twitter. Secara umum, pencarian dilakukan dengan menggunakan history dari query pengguna dan selanjutnya akan dikembalikan lagi ke pengguna sesuai dengan query terakhir yang berhubungan.

5.      Memberikan disambiguasi query

Twitter dapat diolah untuk menemukan kebutuhan informasi yang berhubungan dengan query dengan melihat pertanyaan yang terkait dengan apa yang ditanyakan oleh seseorang.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: