Bagaimana Orang-Orang Melakukan Pencarian Melalui Twitter?   Leave a comment

Setelah pembahasan tentang pengenalan analisa log dan alasan bagaimana orang melakukan pencarian melalui twitter sekarang dalam bahasan ini akan dibahas perbandingan query yang digunakan orang-orang di twitter dan di web dan juga perkembangan pemakaian query orang-orang di twitter dan di web.

1.      Pengumpulan twitter dan query dari web

Terjadi perbedaan query yang digunakan orang-orang dalam menggunakan twitter dan web search. Kebanyakan penggunaan twitter menggunakan panjang query lebih singkat daripada penggunaan web.  Dalam twitter penggunaan contains @ dan # juga lebih banyak dari web. Ketika user mengunjungi sebuah hasil pencarian web dan kemudian dia kembali pada halaman hasil pencarian maka toolbar akan menyimpan halaman hasil tersebut sebagai URL baru yang telah dikunjungi. Kebalikannya, hasil twitter bukan hyperlink seperti web.

2.      Permasalahan pencarian

Analisis dimulai dari bagaimana perbedaan Twitter dan pencarian Web dilihat dari karakteristik dalam teks query yang dikeluarkan untuk kedua mesin pencari. Ketika membandingkan query, kata-kata berhenti, spasi, dan tanda baca diabaikan, dengan pengecualian ‘#’ dan ‘@’, karena karakter ini memiliki arti khusus bila digunakan pada awal kata dalam tweet. Query Twitter secara signifikan lebih pendek dari query web. Query Twitter paling populer muncul berhubungan dengan topik yang diidentifikasi melalui analisis kualitatif kita. Berbeda dengan query Twitter yang paling populer, query web yang paling populer adalah navigasi dalam pencarian suatu bagian dari web. Query populer web agak berbeda dibandingkan dengan query atas Web secara keseluruhan, karena mereka didasarkan pada sub-sampel dari populasi yang juga menjalankan query pencarian Twitter.

3.      Aspek Temporal Dalam Perilaku Pencarian

Kita mulai dengan melihat bagaimana sesi pencarian Twitter dan Web berbeda. Sesi adalah serangkaian pertanyaan yang dikeluarkan oleh seorang individu dalam suksesi dekat, sering (tetapi tidak selalu) dengan semua pertanyaan yang berkaitan dengan topik yang sama. Menggunakan pendekatan umum untuk sesi mengidentifikasi, kita memperlakukan query yang terjadi secara berurutan tanpa 15 menit tidak aktif untuk menjadi bagian dari sesi yang sama.

4.      Common cross-corpus queries

Sebagai contoh pencarian film new moon untuk para pengguna twitter lebih mudah dengan menggunakan hashtag #, seperti #newmoon. Dengan penggunaan hashtag tersebut akan lebih singkat dalam penulisan query dibanding dengan pencarian di web. Untuk pencarian informasi di web orang akan cenderung menggunakan query yang lebih panjang seperti “watch new moon full movie”.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: